Vitamin Yang Terkandung dalam Buah Pepaya



Anak Saya yang di kelas 2 SD, bertanya sama bapaknya, Beh, kok Babeh nyuruh ade makan buah pepaya, emang buah pepaya mengandung vitamin apa sih ? Waduh, ditanya kayak gitu, Saya jawab yang enteng aja, supaya pinter, he..he ngarang. Karena penasaran, akhirnya Saya nyari info di Google tentang vitamin yang terkandung dalam buah pepaya. Dan hasilnya, berdasarkan info dari situs Nutrition and You, bahwa kandungan vitamin dalam buah pepaya adalah :
- Folat 37 mg
- Niacin 0,338 mg
- Pantotenat Asam 0,218 mg
- Pyridoxine 0,038 mg
- Riboflavin 0,027 mg
- Thiamin 0,023 mg
- Vitamin A 950 IU
- Vitamin C 60,9 mg
- Vitamin E 0,30 mg
- Vitamin K 2,6 mg

Vitamin Yang Terkandung dalam Buah Pepaya


Buah pepaya akan berbagai vitamin B-kompleks yang penting seperti asam folat, piridoksin (vitamin B6), riboflavin, dan thiamin (vitamin B1). Vitamin ini sangat penting sebagai sumber eksternal untuk proses dalam metabolisme.

Pepaya juga merupakan sumber dari vitamin A yang sangat baik (menyediakan 950 IU/100g) dan flavonoid seperti ß-karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Vitamin A diperlukan untuk menjaga selaput lendir dan kulit agar tetap sehat dan sangat penting untuk kesehatan penglihatan. Senyawa ini diketahui memiliki sifat antioksidan; bertindak sebagai pelindung terhadap oksigen radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.

Vitamin A juga berfungsi untuk kekebalan dan menjaga ginjal, jantung, paru-paru dan organ lainnya sehingga bekerja dengan baik. Vitamin A dalam pepaya berbentuk karotenoid, termasuk beta-karoten, yang bertindak sebagai antioksidan. Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya karoten seperti pepaya sangat baik untuk melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

Satu porsi (1 cangkir) potongan pepaya berbentuk dadu akan memberikan 137,5 IU vitamin A, yang merupakan 28 persen dari kebutuhan harian.

Pepaya matang adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin C tertinggi (memberikan 60,9 mg atau sekitar 101% dari DRI). Studi penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C memiliki banyak fungsi penting seperti anti radikal bebas, penguat imun, dan sebagai anti-inflamasi.

Setiap cangkir pepaya mengandung 88,3 miligram vitamin C, atau 147 persen dari kebutuhan harian. Vitamin C membantu menyembuhkan luka dan memperbaiki kerusakan jaringan dalam tubuh Anda. Vitamin C juga berguna untuk membentuk kolagen, komponen penting dalam pembuluh darah, kulit, ligamen, tulang rawan dan tendon.

Satu porsi pepaya memberikan 53,7 mikrogram folat, atau 13 persen dari kebutuhan harian. Tubuh Anda memerlukan folat untuk pembelahan sel dan DNA. Mengkonsumsi vitamin ini sangat penting selama kehamilan awal karena folat membantu mencegah cacat tabung saraf lahir. 

Tag : Buah Pepaya
Back To Top