Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Yang Simple



Postingan kali ini Saya akan memberikan contoh makanan 4 sehat 5 sempurna yang simple yakni berupa menu makan sehari-hari yang sederhana namun sudah termasuk kategori makanan 4 sehat 5 sempurna. Contoh menu ini Saya ambil dari blog Satu Jam.

Kita tahu bahwa makan makanan bergizi tentu sangat baik untuk tubuh kita. Selain memenuhi nutrisi untuk pertumbuhan, makan makanan bergizi juga termasuk dalam gaya hidup sehat, karena sehat bisa dimulai dari apa yang kita makan sehari-hari.

Makanan sehat terdiri dari makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Selain menu makanan sehat juga harus didukung oleh minuman sehat dan bergizi tinggi sehingga bisa dikatakan empat sehat lima sempurna.

Berikut ini adalah beberapa referensi daftar empat menu sehat lima sempurna yang dapat Anda sajikan hari ini:

Nasi 
Menu yang wajib dalam menu makan orang Indonesia adalah nasi. Makan tanpa nasi tidak bisa disebut makan karena perut tidak akan kenyang jika belum menyentuh nasi. Menu nasi yang sangat lezat dan memenuhi asupan karbohidrat, salah satunya adalah nasi liwet yang harum.

Nasi liwet wangi adalah nasi yang dimasak dengan beras wangi dan dimasak menggunakan santan encer. Jika memasak menggunakan metode tradisional maka hasilnya akan lebih baik, tetapi jika Anda tidak ingin repot, menggunakan kompor atau magic com pun bisa Anda lakukan.

Pengganti nasi adalah mie. Banyak orang berpikir bahwa makan mie instan itu beracun dan berbahaya, namun hal ini tidak sepenuhnya benar jika kita tahu cara memasaknya yang sehat, sebab makan instan sama dengan makan roti yang sama-sama mengandung karbo.

Mie instan kaya akan karbohidrat, lemak, lebih sedikit protein, serat, mineral, dan vitamin, sehingga harus dikonsumsi dengan tambahan menu lain yakni menambahkan sayuran segar, telur, daging cincang atau sarden sebagai proteinnya.

Alternatif mie instan paling simple adalah nasi goreng. Anda harus menambahkan tambahkan mentimun, tomat, salad, telur, daging sebagai sumber protein, vitamin dan buah.

Sayuran 
Menu sehat berikutnya adalah sayuran bening. Selain memasak tanpa menggunakan minyak, sayur bening juga menggunakan bahan nabati yang kaya serat, zat besi, dan mineral. Gunakan sayuran seperti bayam, labu, daun melinjo dan juga bisa ditambahkan jagung muda.

Menu sayur bening yang sangat segar, tentu bisa menambah nafsu untuk makan nasi liwet harum yang masih hangat.

Pilihan lain dari sayur bening adalah sayur sop. Agar lebih lengkap, sayur sop ini bisa ditambahin daging, jagung, kentang, tahu dan tomat. Jadi dengan sayur sop ini, kebutuhan protein dan buah juga sudah termasuk.

Protein
Jika sudah ada menu makanan nasi liwet harum yang mengandung asupan karbohidrat dan juga sayuran bening yang kaya serat dan mineral, maka sekarang harus ada menu yang mengandung lemak dan protein.

Menu sederhana yang mengandung protein nabati dapat diperoleh dari tempe dan tahu goreng gurih. Tempe goreng dan tahu goreng sangat mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu lama sehingga sangat cocok jika dibuat bahkan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Jadi jika Anda menginginkan menu yang sehat tapi sederhana, jangan lupa untuk menyajikan menu ini. Cukup tambahkan sambal terasi untuk menambah rasa lapar Anda menjadi lebih bernafsu.

Buah
Makanan sehat juga harus mengandung cukup vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral dapat diperoleh melalui menu salad buah ini. Salad buah terdiri dari buah-buahan segar seperti melon, strawberry, nanas, anggur, semangka, kiwi dan mangga.

Buah-buahan juga dapat diganti dengan buah lain yang tersedia atau mudah ditemukan di sekitar Anda. Membuat salad buah sangat mudah, cukup kupas dan potong-potong kecil dan aduk semua buah dalam wadah. Tambahkan madu atau yogurt jika Anda suka sehingga rasanya lebih enak.

Susu
Menu makanan di atas sudah termasuk dalam kategori  empat makanan sehat yang sangat sederhana jika dibuat. Jadi, jika Anda sudah makan makanan di atas, menu makanan Anda akan lebih sempurna jika Anda menambahkan susu sebagai pelengkap.

Tetapi masalahnya adalah minum susu bisa membosankan jika Anda hanya meminum susu saja tanpa variasi. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa membuat milk shake

Cara membuatnya sangat mudah, Anda cukup membeli susu kotak cair atau membuatnya dari susu cair kaleng yang dimasukkan ke dalam blender. Tambahkan es batu, gula atau madu, buah sesuai selera dan juga bisa ditambahkan yogurt jika diinginkan. Kocok sampai tercampur rata, tuangkan dalam gelas.

Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Yang Simple


Gizi Seimbang

Saat ini tagline makanan bergizi bukan lagi makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, tetapi makanan yang mengandung gizi seimbang. Mengapa begitu? Salah satu contohnya adalah susu yang dalam 4 sehat 5 sempurna, dia sebagai pelengkap.

Tetapi apa yang terjadi ketika tubuh membutuhkan vitamin dan mineral untuk kebutuhan metabolisme tubuh, tapi jika orang tua sekarang malah memberikan susu kedelai. Susu kedelai adalah sumber protein. Padahal protein dapat diperoleh dari ikan, dan bahkan orang dengan protein berlebih, protein dalam tubuh akan disimpan sebagai lemak dalam jaringan adiposa dan berpotensi membuat gemuk.

Jadi, kita mesti memperhatikan konsumsi harian dengan memenuhi gizi seimbang. Gizi seimbang ini didapat tubuh berupa karbohidrat dari beras dan gandum, protein dari ikan, biji-bijian, telur, dll., lemak dari daging, serat dari sayuran, cairan bisa dengan minum air putih setidaknya 2 liter sehari, vitamin dari buah-buahan, mineral dari susu dan buah-buahan.

Itulah beberapa contoh menu makanan 4 sehat 5 sempurna yang simple yang bisa Saya sebutkan namun mohon mangaf Saya tidak menyertakan resep cara membuat menu makanan 4 sehat 5 sempurna yang mudah untuk anak sd atau untuk ujian praktek, tapi hanya gambaran besarnya saja. Semoga bermanfaat.


Back To Top