Makanan - Essen - Food

Menu Makan Pagi Siang dan Malam Untuk Diet



Menu makan pagi, siang dan malam untuk diet yang terbaik adalah makanan yang Anda konsumsi sesuai dengan waktu makan yang telah direncanakan. Ketika berjuang untuk menghilangkan berat badan, maka cara terbaik adalah mengetahui dahulu makanan apa yang akan Anda makan. Bicaralah dengan dokter atau ahli gizi untuk membantu dalam merancang penurunan berat badan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi makanan.

Meskipun sejumlah program diet menyatakan bahwa programnya dapat membantu dalam menurunkan berat badan, umumnya semua program tersebut memiliki satu kesamaan yakni mengurangi asupan kalori harian. Satu-satunya cara untuk menghilangkan lemak adalah makan lebih sedikit kalori dari kebutuhan tubuh. Makan 3.500 kalori lebih sedikit selama seminggu atau (500 kalori per hari) dapat membantu Anda menurunkan berat badan dalam seminggu. Anda harus memperkirakan jumlah kalori yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan dengan mengetahui apa yang Anda makan, dan mengurangi 500 kalori dari jumlah itu. Misalnya, jika Anda makan 2200 kalori per hari untuk menjaga berat badan Anda, batasi asupan harian Anda menjadi 1.700 kalori sehari dan ini akan membantu mempercepat proses diet. Untuk menurunkan berat badan, penting untuk membatasi asupan kalori harian antara 1.200 kalori sampai 1.800 kalori per hari, meskipun jumlah ini bervariasi, berdasarkan tingkat aktivitas dan gender.

Kalori bukan satu-satunya hal yang Anda butuhkan untuk dipertimbangkan ketika mencoba untuk mendapatkan makanan terbaik untuk menurunkan berat badan, sebab jenis makanan yang Anda makan juga penting. Makanan tinggi lemak dan gula juga tinggi kalori. Sebuah menu makan yang baik adalah makanan rendah kalori yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Ini berarti bahwa Anda harus kembali ke buah-buahan, sayuran, biji-bijian sehat dan protein padat nutrisi. Untuk mengatur rasa kenyang dan keseimbangan energi, setiap sarapan, makan siang dan makan malam harus memiliki jumlah kalori yang sama.

Sisihkan waktu satu malam dalam seminggu untuk merencanakan menu mingguan Anda sehingga Anda tahu persis apa yang Anda akan makan, sehingga Anda bisa  menyiapkan makanan dengan benar.


Menu Makan Pagi Siang dan Malam Untuk Diet


Makan pagi

Anda harus menjadikan sarapan sebagai prioritas. Menu sarapan dengan tujuan untuk menurunkan berat badan tidak hanya membantu mencegah Anda untuk makan berlebihan pada waktu makan berikutnya, namun juga meningkatkan suasana hati, konsentrasi dan memori, demikian menurut Academy of Nutrition and Dietetics.

Telur merupakan pilihan sarapan yang baik, dan dapat membantu upaya penurunan berat badan Anda dengan memeprtahankan rasa kenyang lebih lama, menurut sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity. Untuk mendapatkan 480 kalori, Anda dapat memakan telur dadar dari dua butir telur yang ditaburi dengan 1 ons keju rendah lemak dan 1/2 cangkir bayam, serta disajikan dengan dua iris roti gandum  kering dan 6 ons yogurt tanpa lemak. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk sarapan, pertimbangkan untuk makan muffin Inggris panggang dengan 2 sendok makan selai kacang dan pisang besar.


Makan siang

Ketika punya tujuan untuk menurunkan berat badan, makan siang biasanya tidak begitu diperhatikan seperti halnya sarapan, tetapi melakukan makan siang adalah cara paling baik agar malam hari tidak makan berlebihan. Sebuah menu penurunan berat badan untuk makan siang yang baik bisa dengan mengkonsumsi jagung 6 inci digulung dengan 3 ons dada kalkun, selada, irisan tomat dan mustard, disajikan dengan 2 cangkir sup sayuran, apel kecil dan 6 ons yogurt tanpa lemak, semuanya berjumlah 485 kalori. Atau, cobalah menu lain yaitu pasta dan salad kacang dalam 1 cangkir dibuat dengan dimasak, gandum penne pasta dengan 1/2 cangkir kacang merah, 1 cangkir campuran sayuran, seperti wortel, brokoli dan kembang kol dan 2 sendok makan vinaigrette lemak rendah, disajikan dengan jeruk kecil, untuk mendapatkan 470 kalori.


Makan malam

Untuk membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk tetap melakukan diet penurunan berat badan saat makan malam, pastikan untuk memakan makanan sehat. Sebuah ayam tumis dibuat dengan 3 ons tumis dada ayam dengan 2 cangkir campuran sayuran, seperti paprika merah, kecambah kacang hijau dan kubis Cina, 1 sendok teh minyak sayur dan kecap rendah sodium dan disajikan dengan 1 cangkir beras merah, akan menghasilkan 490 kalori. Atau, kentang panggang besar dengan 1/2 cangkir cabai vegetarian dan 1 ons keju cheddar rendah lemak dan  2 cangkir campuran sayuran atasnya dengan 1 sendok makan salad dressing rendah lemak dan enam almond cincang.

Mungkin menu di atas tidak ccok bagi Anda orang Indonesia, tapi setidaknya Anda mendapatkan gambaran bahwa jumlah kalori yang sebaiknya kita konsumsi untuk diet adalah dalam ukuran 470-490 kalori setiak kali makan.

Back To Top